Klasifikasi
Data Sekunder
Data
sekunder merupakan data yang sudah dikumpulkan untuk suatu tujuan lain yang sudah dilakukan sebelumnya, bukan
semata-mata untuk penelitian yang dilakukan saat ini. Data sekunder memiliki
keuntungan untuk mengidentifikasi masalah, mendekatkan kepada masalah, mengidentifikasi
variabel kunci, menjawab pertanyaan penelitian dan uji hipotesis, melakukan
interpretasi data primer lebih jelas. Data sekunder memiliki kelemahan yaitu
seringkali tidak relevan dan tidak akurat karena biasanya data dikumpulkan
bukan langsung untuk kepentingan peneliti. Tujuan, variabel dan metode yang
digunakan juga seringkali tidak tepat dengan situasi. Data sekunder dibagi
menjadi dua kelompok yaitu internal dan eksternal.
§ Internal
Maksudnya
adalah data yang berasal dari dalam perusahaan dan data sekunder internal ini
lebih mudah dan mudah didapatkan. sebelum siap untuk digunakan data harus
diolah terlebih dahulu. Data sekunder internal memiliki dua hal yaitu :
ü Ready
To Use yaitu data siap untuk digunakan.
ü Requires
further processing yaitu data memerlukan pengolahan lebih lanjut.
§ External
Maksudnya
adalah data sekunder yang berasal dari
luar perusahaan seperti
organisasi non profit, asosiasi perdagangan, pemerintah, organisasi
profesional, perusahaan pialang investasi, pemerintah dan profesional marketing
researchs. Data sekunder eksternal memiliki tiga hal yaitu :
ü Published
materials yaitu sebagai bahan terbitan.
ü Computerized
databases yaitu sebagai bahan komputerisasi.
ü Syndicated
services yaitu sebagai layanan indikasi.
Computerized
Databases
Computerized
Databases adalah kompilasi besar file elektronik yang disimpan di satu lokasi
yang dirancang dan dimodelkan untuk mendukung prose yang membutuhkan
penyimpanan dan pengambilan informasi yang relevan tanpa banyak pekerjaan
kepada pengguna. Database komputer umumnya dijalankan dan dikelola oleh
aplikasi yang dirancang khusus dikenal sebagai perangkat lunak sistem manajemen
database. Sistem manajemen ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan,
mengedit, memanipulasi dan menyimpan data yang diperlukan.
Database
komputer dapat menyimpan sejumlah besar informasi dengan biaya yang kecil.
Mereka juga dapat mengambil informasi dengan cepat. Program komputer dapat
mengakses informasi yang tersimpan dalam database untuk membuat database
analitis dalam waktu singkat. Database komputer dapat diakses melalui :
§ On-line
§ Internet
§ Off-line
Database
komputer terdiri dari :
a.
Bibliographic databases
Teridiri
dari kutipan article di jurnal, majalah, koran, studi riset pemasaran, laporan
teknis, dokumen pemerintah dan sejenisnya. mereka sering memberikan ringkasan
atau abstrak dari bahan yang dikutip.
b.
Numeric databases
Berisi
informasi numerik dan statistik seperti data survei dan time series. Data
tersebut sangat relevan untuk menilai potensi pasar guna membuat perkiraan
penjualan. Amrican Statistik Index (ASI)
memberikan abstark dan indeks publikasi statistik pemerintah federal. Data
global keuangan memberikan data historis pada sekuritas, dividen dan nilai
tukar.
c.
Full text databases
Berisi
teks lengkap dari dokumen sumber yang terdiri dari database. Information text
system menyediakan pengiriman dan pencarian elektronik kemampuan teks lengkap
untuk sejumlah surat kabar.
d.
Directory databases
Database
direktori memberikan informasi pada individu organisasi dan jasa. Ada banyak
sumber informasi pada database. Mungkin cara terbaik untuk mendapatkan
informasi tentang database adalah berkonsultasi direktori.
e.
Special purpose databases
Database
yang merupakan sebuah koleksi terorganisir dari informasi yang disimpan di
dalam komputer.
Syndicated
services
Syndicated services ini disediakan oleh organisasi
tertentu yang mengumpulkan dan tabulasi
informasi pemasaran secara teratur untuk sejumlah klien yang merupakan
pelanggan untuk layanan ini. Syndicated service diklasifikasikan berdasarkan
satuan pengukurannya yaitu :
§ Households/consumers
§ Institutions
Syndicated
services consumers
Informasi dikumpulkan berdasarkan proses transaksi penjualan
pembelian dari para consumer, dengan mengamati cara belanja, berekasi dan
pergerakan lainnya. Hal ini juga mengamati trend pasar yang sedang terjadi.
§ Surveys
Memiliki
karakteristik yaitu survey dilakukan secara berkala. Surveys memiliki beberapa keuntungan
yaitu memperoleh data dengan cara yang fleksibel, informasi yang didapat
didasari dengan motif. Adapun kerugiannya yaitu rentan terjadi kesalahan antara
pewawancara dan juga respondennya. Surveys juga berguna sebagai segmentasi
pasar dan juga berguna untuk memilih tema iklan dan efektifitas iklan.
a. Psychographic
& Lifestyles
Survei
yang dilakukan terhadap sikap dan perilaku responden juga gaya hidupnya. Baik
dalam kegiatan dia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, namun juga kegiatan
dia dalam menghadapi lingkungan sekitar.
b. General
Survei
yang hanya mencari informasi dengan dimintanya pendapat responden soal setuju
atau tidaknya terhadap penelitian yang dibuat.
c. Advertising
evaluation
Survei
yang dilakukan dalam mengevaluasi cara pemasangan iklan yang baik dan benar.
Dengan kata-kata yang persuasif kepada masyarakat, sehingga menarik minat
masyarakat. Dan media yang digunakan dalam pemasangan iklan ini, baik di
televisi, media online, media cetak, dan juga papan reklame.
§ Mail
diary panels
Berguna
untuk merekam data atau mencatat data lewat surat atau catatan. Panel surat ini
diklasifikasikan menjadi dua
a. Purchase
Memiliki
karakteristik yaitu memberikan informasi spesifik secara teratur dalam masa
jangka waktu dan responden diminta untuk melakukan perilaku spesifik mengenai
apa yang terjadi. Memiliki keuntungan yaitu transaksi pembelian dicatat dan dapat
dihubungkan dengan karakteristik demografi dan karakteristik psikografis.
Adapun kerugiannya yaitu kurangnya keterwakilan, response dan pematangan. Panel
ini juga memiliki kegunaan yaitu untuk memprediksi penjualan, pasar dan tren,
membangun profil dari konsumen, loyalitas dari merk, mengevaluasi pasar, iklan
dan distribusi.
b. Media
Panel
media memiliki karakteristik dengan otomatis perangkat elektronik merekam
perilaku dilengkapi dengan catatan harian. Panel ini memiliki keuntungan transaksi
pembelian dicatat dan dapat dihubungkan dengan karakteristik demografi dan
karakteristik psikografis. Adapaun kerugiannya yaitu kurangnya keterwakilan,
response dan pematangan. Panel ini juga memiliki kegunaan untuk menetapkan
standarisasi atau tingkat, membangun profile dari yang melihat (viewer).
§ Electronic
scanner services
Layanan
scanner yang menggunakan perangkat elektronik untuk merekam dan mencatat data.
a. Volume
tracking data
Volume
tracking data memiliki karakteristik untuk pembelian bahan rumah tangga yang selalu
dicatat datanya di scanner elektronik yang ada di supermarket. Keuntungannya
adalah mencerminkan data pembelian yang aktual, tepat waktu dan lebih murah.
Kerugiannya adalah data tidak representatif, bisa terjadi kesalahan dalam
catatan pembelian, susahnya menghubungkan antara elemen pembelian dengan
pemasaran selain harga. Adapaun kegunaannya yaitu melacak harga, untuk
pemodelan, untuk efektivitas, dan untuk promosi pasar.
b. Scanner
diary panels
Memiliki
karakteristik panel scanner yang melakukan kegiatan pembelian menggunakan
member card dimana data akan dicatat, direkam dan dibaca oleh card tersebut.
Keuntungannya ialah mencerminkan data pembelian yang aktual, mengontrol sampel,
mampu menghubungkan data panel dengan pemasaran. Scannner diary panels juga
memiliki kerugian yaitu data tidak mewakili, kualitas data yang terbatas.
Memilkiki kegunaan menganalisis promosi dan juga untuk pengujian produk baru.
c. Scanner
diary panels with cable tv .
Memiliki
karakteristik panel scanner dari rumah yang berlangganan tv kabel. Adapun
keuntungannya yaitu mencerminkan data pembelian yang aktual, mengontrol sampel,
mampu menghubungkan data panel dengan karakteristik rumah. Kerugiannya adalah data
tidak mewakili, kualitas data yang terbatas. Kegunaannya adalah menganalisis
promosi dan juga untuk pengujian produk baru.
Syndicated
Services Institutions
Informasi
dikumpulkan lembaga institusi lalu pemasaran secara teratur untuk sejumlah
klien yang merupakan pelanggan untuk layanan ini. Hal ini dibagi dua yaitu :
§ Retailers
Adalah
satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen
baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk keperluan pribadi.
§ Wholesalers
Adalah
perantara pemasaran yang terlibat dalam membeli dari produsen dalam jumlah
besar untuk menjual kembali kepada pengecer atau pembeli industri dalam jumlah
yang lebih kecil.
a. Audits
Memiliki
karakteristik verifikasi produk dengan memeriksa catatan fisik dan melakukan
analisis persediaan. Keuntungannya adalah informasi penjualan relatif tepat dan
utuh. Kerugiannya adalah cakupannya tidak lengkap dan tidak luas dan sulit
mencocoki data pada aktifitas kompetitif. Keguaannya ialah mengukur konsumen
dalam penjualan di pasar, aktivitas kompetitif, menganalisis pola distributor,
dan melacak produk baru.
§ Industrial
firms
Memiliki
karakteristik data bank pada perusahaan industri diciptakan melalui pertanyaan
langsung dari perusahaan, kliping, dan laporan. Keuntungannya adalah sumber
yang penting pada perusahaan industri yang berguna untuk tahap awal proyek.
Kerugiannya adalah dalam kurang dalam konten, kuantitas dan kualitasnya.
Kegunannya ialah guna menentukan potensi pasar berdasarkan wilayah geografis, mendefinisikan
teritoris penjualan, dan mengalokasikan anggaran iklan.
a. Direct
inquiries
Suatu
proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi
dan atau eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap
pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis
dan logis.
b. Clipping
services
Layanan kliping memantau apa yang
dikatakan tentang perusahaan dan produk-produknya. Secara tradisional, layanan
kliping disisir surat kabar dan media cetak lainnya untuk menemukan penyebutan
nama perusahaan atau produk. Sekarang, layanan kliping dapat memantau semua
jenis media, termasuk internet.
c. Corporate
reports
Pelaporan perusahaan adalah tentang
menghubungkan informasi tentang keputusan saat organisasi dengan prospek masa
depan; menghubungkan informasi tentang strategi, risiko, remunerasi dan
kinerja; dan mengakui bahwa ekonomi, lingkungan dan masyarakat tidak dapat
dipisahkan dan karena itu informasi yang diberikan untuk memahami kinerja
organisasi di masing-masing daerah harus dilihat sebagai bagian dari
keseluruhan. Pelaporan terintegrasi membantu dewan direksi untuk melihat
masalah yang mereka hadapi lebih jelas, dan memungkinkan mereka untuk
menjelaskan alasan bisnis mereka kepada para pemangku kepentingan dengan kejelasan
dan kewenangan yang lebih besar.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar